Handling Lubricants

    George Wills dan Dr. A. R Landsdown, dalam bukunya Lubrication Book, menyarankan agar inventory pelumas harus sudah digunakan dalam masa 3 sampai 12 bulan, tergantung dari jenis pelumas ( table 1.1 ).

                                                                     Tabel 1.1 Lubricant storage life limits


I.    Penyimpanan Pelumas

Drum tidak boleh disimpan berdiri, kecuali dalam keadaan tertentu yang tidak mungkin drum disusun dalam posisi “dibaringkan”. Jika memang terpaksa, posisi tutup harus berada bawah dan diberi alas kayu.
Penyimpanan drum dengan cara berdiri boleh dilakukan, asal memperhatikan posisi tutup drum, yaitu lurus searah jam 12 danj am 6,tidak boleh melintang kearah jam 3 dan jam 9 dan drum harus dimiringkan dengan cara diberi alas kayu agar air tidak mengendap diatas drum.

II.        Penanganan Oli

·            Drum tidak boleh dibuka dengan cara membuat lubang besar atau membuka salah satu ujungnya; hal ini dapat memperbesar resiko oli terkontaminasi.
§            Juga tidak dibenarkan menciduk pelumas dengan bejana terbuka, kecuali dengan menggunakan pompa tangan (posisi drum berdiri) atau membuat kran pada salah satu tutup drum (drum dalam posisi dibaringkan/posisi tidur/horizontal).
§             Pelumas sangat rentan terkontaminasi jika disimpan pada tempat yang terlalu panas atau terlalu dingin dalam jangka waktu lama.
§       Sangat dianjurkan untuk selalu menggunakan bejana penampung pelumas yang bersih dan menyediakan lap/majun yang bukan terbuat dari katun atau wol.
§            Sangat dianjurkan untuk selalu menggunakan bejana dan pompa untuk pelumas yang berbeda untuk tiap jenis pelumas.

III.        Unloading drum

Proses unloading drum dari truck / transportasi merupakan cara untuk menjaga kualitas oli.



Gunakan alat bantu yang mudahkan pekerja untuk proses unloading.


Jangan menjatuhkan drum pada proses unloading, kemasan akan rusak dan kualitas oli akan menurun.




                         Jangan mengunakan roll drum untuk  jarak jauh Gunakan handtruck atau forklift.




                                       Penggangkatan dengan forklift, drum harus dilapisi dengan palet.

                                                 Salah satu alternative penyimpanan Drum. ( vertical )



                                                  Penyimpanan secara vertical dan horizontal.

IV.      Management Pengeluaran barang.

F.I.F.O ( first in – First Out )
Barang yang datang pertama harus juga yang pertama keluar. Konsep ini harus diaplikasikan kesetiap produk. Agar tidak ternyata penyimpanan barang yang pertama datang tidak keluar dari gudang dalam waktu yang lama.



Demikian cara penanganan dan penyimpanan oli yang berguna untuk menjaga kemasan dan kualitas oli dari gudang sampai ke end user.
Dengan mengetahui cara penanganan dan penyimpan yang baik kita dapat menambah value lubricants.